2013/08/11

Akal Berasa

         Manusia adalah makhluk sempurna ciptaan Tuhan. Apakah status kesempurnaan itu menjadikan alasan bahwa manusia bebas melakukan apa saja demi apapun keinginannya? Apakah itu yang selama ini melatarbelakangi kekejaman manusia kepada alam? Betapa kejam mereka hingga mengorbankan alam yang telah memberinya kehidupan.
      Manusia. Segumpal daging berdarah yang suatu ketika bisa berubah menjadi monster. Namun suatu ketika pula menjadi sosok yang lemah lembut bagai malaikat. Walau bagaimanapun manusia tetaplah manusia. Manusia yang haus akan kekayaan, manusia yang lapar akan derajat, manusia yang pura-pura buta akan lingkungannya. Mungkin karena manusia tercipta dengan dibekali akal, dia bisa merubah apapun yang dia inginkan menjadi nyata. Jika saja manusia tidak punya akal, mungkin alam tidak akan pernah semurka sekarang ini.
        Betapa sempurnanya manusia telah dibekali akal dan rasa. Akal yang terdapat pada otak dan rasa yang ada dalam hati. Akal digunakan untuk berpikir realistis, rasa digunakan untuk membenarkan pikiran yang telah dibuat akal. Manusia harus bangga karena memiliki keduanya. Bangga? Ya, manusia harus bangga. Kenapa tidak? Coba pikirkan (menggunakan akal) jika manusia tidak dibekali akal. Apa yang akan terjadi pada kelangsungan hidup mereka? Akankah mereka bisa bertahan hidup? Atau mereka akan mati seperti dinosaurus dulu? Nah, sekarang coba gunakan rasamu untuk menganalisis kata-kata saya tadi. Setelah manusia mendapatkan akal, apa yang akan mereka lakukan? Langsung bertindak tanpa berpikir ulang? Atau berpikir sambil jalan? Hahaha manusia selalu punya seribu alasan untuk bertindak.

        Kembali ke topik materi, akal dan rasa, bukankah terlalu sedikit jika hanya ada dua hal yang diberikan kepada manusia? Terlalu sedikit ya? Yasudah, minta saja ke Tuhanmu! Mintalah agar sifat manusia dihapuskan dari keserakahan! Mintalah agar manusia kembali bersahabat dengan alam! Mintalah agar manusia tidak buta dengan lingkungan sekitarnya! Mintalah kesempurnaan pada diri manusia! Kesempurnaan dalam berpikir dan bertindak tentu saja. Mudah kan?

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 PRIMAJINASI | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille