RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Perancis
Kelas/Semester :
XI/1
Keterampilan :
Membaca
Alokasi Waktu : 1x45
menit
STANDAR KOMPETENSI
Membaca
Memahami wacana tulis
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang “La Vie Familliale”.
Kompetensi Dasar
Membaca
1.
Memperoleh
informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
secara tepat.
2.
Membaca
nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana secara tepat.
Indokator
I.
Kognitif
A.
Produk
1.
Siswa mampu
menentukan informasi tertentu dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD
1)
2.
Siswa mampu
menggunakan adjectif possessif ke dalam kalimat.
B.
Proses
3.
Siswa mampu
menafsirkan makna kata di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
4.
Siswa mampu
mengisi kolom kosong pada pohon keluarga berdasarkan wacana yang tersedia. (KD
1)
II.
Afektif
5.
Siswa
memiliki kepercayaan diri untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk guru.
III.
Psikomotor
6.
Siswa mampu
membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di dalam teks yang bertema “La Vie
Familliale”. (KD 2)
Tujuan Pembelajaran
I.
Kognitif
A.
Produk
1.
Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa mampu menentukan informasi tertentu dalam teks
yang bertema “La Vie Familliale”.
2.
Setelah
kegiatan pembelajaran, siswa mampu menggunakan adjectif possessif ke dalam
kalimat.
B.
Proses
3.
Setelah
mendapat arahan dari guru, siswa mampu menafsirkan makna kata di dalam teks
yang bertema “La Vie Familliale”.
4.
Setelah
membaca teks, siswa mampu mengisi kolom kosong pada pohon keluarga berdasarkan
wacana yang tersedia.
II.
Afektif
5.
Siswa
memiliki kepercayaan diri untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk guru.
III.
Psikomotor
6.
Siswa mampu
membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di dalam teks yang bertema “La Vie
Familliale”.
Materi Pelajaran
Adjectif Possessif
Sujet
|
Masculin (singulier)
|
Feminin (singulier)
|
Masculin/feminin pluriel
|
Je (ku)
|
Mon
|
Ma
|
Mes
|
Tu (mu)
|
Ton
|
Ta
|
Tes
|
Il/elle
(nya)
|
Son
|
Sa
|
Ses
|
Nous
(kami)
|
Notre
|
Nos
|
|
Vous
(anda)
|
Votre
|
Vos
|
|
Ils/elles
(mereka)
|
Leur
|
Leurs
|
-
Le texte
Il s’appelle Nicholas. Il est
professeur. Sa sœur est chanteuse. Elle s’appelle Samantha. Leurs
parents s’appellent Patrick et Caroline. Nicholas a une femme, elle s’appelle
Monica. Ils ont deux enfants, Jean et Pauline. Samantha a un mari, il s’appelle
Paul. Ils ont une fille. Leur enfant s’appelle Laurent.
Alat dan Media
Alat: Laptop, proyektor, papan tulis, spidol.
Media: Kertas fotokopi dan power point.
Model Pembelajaran
Model Pembelajaran: Cooperative Learning
Pendekatan: Komunikatif
Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Kegiatan
Awal (5 menit)
|
|
-
Memberi
salam
-
Mengulas
tentang materi pertemuan kemarin
-
Menyampaikan
apa yang akan dipelajari hari ini
-
Menanyakan
kata ganti kepunyaan yang siswa ketahui dalam bahasa Indonesia
-
Menjelaskan
gambaran umum tentang adjectif possessif dalam bahasa Perancis
|
- Menjawab
- Menyimak
- Menyimak
- Menjawab
-
Menyimak
|
Kegiatan
Inti (30 menit)
|
|
Eksplorasi
- Memberikan teks tentang “La Vie Familliale”
- Membaca keseluruhan teks.
- Meminta beberapa siswa membaca teks.
- Membaca teks perkalimat dan meminta siswa menirukan
serta mencoba menafsirkan makna kalimat.
- Menanyakan apa saja kosakata baru yang didapat.
- Meminta siswa mengartikan kosakata baru.
Elaborasi
-
Menjelaskan
tentang adjectif possessif.
-
Guru memberi
soal dan meminta siswa mengerjakannya.
Konfirmasi
-
Mengkoreksi pekerjaan siswa secara bersama-sama
-
Memberi kesempatan siswa untuk bicara.
|
-
Menerima
teks.
-
Menyimak
-
Membaca
nyaring
-
Menirukan
-
Menyebutkan
kosakata baru yang didapat dari teks.
-
Mengartikan
-
Menyimak
-
Mengerjakan
soal
-
Mengkoreksi
-
Bertanya
(jika ada)
|
Kegiatan
Penutup (10 menit)
|
|
-
Memberi
kesimpulan tentang meteri pertemuan kali ini.
-
Memberi
pekerjaan rumah pada siswa.
|
-
Menyimak
-
Menerima
tugas
|
Sumber Pembelajaran
Bonjour Chers Amis
Evaluasi
I.
Le
texte
Il
s’appelle Nicholas. Il est professeur. Sa sœur est chanteuse. Elle
s’appelle Samantha. Leurs parents s’appellent Patrick et Caroline.
Nicholas a une femme, elle s’appelle Monica. Ils ont deux enfants, Jean et
Pauline. Samantha a un mari, il s’appelle Paul. Ils ont une fille. Leur enfant
s’appelle Laurent.
II.
Complétez
! ( Lengkapilah)
a)
Modèle : C’est mon bureau (m). je
(Ini
kantorku.)
1.
C’est _______________ père
(m.s) je
2.
Ce sont _____________
grands-parents (m.p). ils/elles
3.
C’est _______________
soeur (f.s). vous
4.
Ce sont _____________
amies (f.p). nous
5.
C’est _______________
livre (m.s). tu
6.
Ce sont _____________
stylos (m.p). vous
7.
C’est _______________
table (f.s). tu
8.
Ce sont_____ ________
photos (f.p). il
9.
C’est _______________
hotel (f). il
10. Ce sont _____________ tables (f.p). ils/elles
b)
Modéle
: C’est ton père ? Oui, c’est mon père
Ini ayahmu ? ya, ini ayahku.
1.
C’est
la mère de Thomas? Oui, ................................................
2.
C’est
la cousine de Marie ? Oui, ..............................................
3.
C’est
la photo de Céline ? Oui, ................................................
4.
Ce
sont les livres de Pierre ? Oui, ...........................................
5.
Ce
sont les stylos de Paul ? Oui, ............................................
6.
Ce
sont les enfants de M. Dubois? Oui, ................................
7.
C’est
le frère de M. Ledoux ? Oui, ........................................
8.
C’est
l’appartement de Sheila ? Oui, .....................................
9.
C’est
vos amis ? Oui, ....................................................
10. C’est votre classe ? Oui,
.................................................
Kunci Jawaban
I.
A. Complétez ! ( Lengkapilah)
1.
C’est ______mon_____ père
(m.s) je
2.
Ce sont _____leur____
grand-père (m.s). ils/ells
3.
C’est _____votre______
sœur (f.s). vous
4.
Ce sont _____nos_____
amies (f.p). nous
5.
C’est _______ton_____
livre (m.s). tu
6.
Ce sont _____vos_____
stylos (m.p). vous
7.
C’est _______ta______ table
(f.s). tu
8.
Ce sont______ses_____
photos (f.p). il
9.
C’est _______son_____ hôtel (f,s). il
10. Ce sont ______leurs_____ tables (f.p). ils/elles
II.
B. Complétez ! ( Lengkapilah)
1.
C’est
la mère de Thomas? Oui, c’est sa mère
2.
C’est
la cousine de Marie ? Oui, c’est sa cousine
3.
C’est
la photo de Céline ? Oui, c’est sa photo
4.
Ce
sont les livres de Pierre et Patrick ? Oui, ce sont leurs livres
5.
C’est
la classe de Paul et Zoé ? Oui, c’est leur classe
6.
Ce
sont les enfants de M. Dubois? Oui, ce sont ses enfants
7.
C’est
le frère de M. Ledoux ? Oui, c’est son frère
8.
C’est
l’appartement de Sheila ? Oui, c’est son appartement
9.
C’est
vos amis ? Oui, c’est nos amis
10.
C’est votre classe ? Oui, c’est notre
classe
Kisi-Kisi Evauasi
Aspek
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
No. Soal
|
Skor
|
Kognitif produk
|
Siswa mampu menentukan
informasi tertentu dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
|
Lisan
|
Saat KBM Berlangsung
|
|
|
Siswa mampu menggunakan
adjectif possessif ke dalam kalimat.
|
Tertulis
|
1-10
1-10
|
|
Kognitif proses
|
Siswa mampu menafsirkan makna
kata di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
|
Lisan
|
Saat KBM Belangsung
|
|
|
Siswa mampu mengisi kolom
kosong pada pohon keluarga berdasarkan wacana yang tersedia. (KD 1)
|
Tertulis
|
1
|
|
Afektif
|
Siswa memiliki kepercayaan
diri untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk guru.
|
Observasi
|
Lembar Kemampuan Penilaian Afektif
|
|
Pssikomotor
|
Siswa mampu membaca nyaring
kata, frasa dan kalimat di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD
2)
|
Lisan
|
Saat KBM Berlangsung
|
|
jika yang diluar lingkungan bagaimana???
ReplyDelete@Marcus lao maksudnya di luar lingkungan?
ReplyDeleteOstupalti_ra1986 Todd Schorfheide click here
ReplyDeletezwicsavscoltou
0provdiuKgeo-pe1988 Maria Pothuru IDM UltraEdit 29.0.0.102
ReplyDeleteAutodesk AutoCAD 3D 2023.1 x64
PassFab iPhone Unlocker 3.0.21.8
DriverPack Solution 2020
skuziderti