Skip to main content

RPP Bahasa Perancis (KTSP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan          : SMA
Mata Pelajaran               : Bahasa Perancis
Kelas/Semester              : XI/1
Keterampilan                  : Membaca
Alokasi Waktu               : 1x45 menit

STANDAR KOMPETENSI
Membaca
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang “La Vie Familliale”.

Kompetensi Dasar
Membaca
1.       Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat.
2.       Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana secara tepat.

Indokator
I.                    Kognitif
A.      Produk
1.       Siswa mampu menentukan informasi tertentu dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
2.       Siswa mampu menggunakan adjectif possessif ke dalam kalimat.
B.      Proses
3.       Siswa mampu menafsirkan makna kata di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
4.       Siswa mampu mengisi kolom kosong pada pohon keluarga berdasarkan wacana yang tersedia. (KD 1)
II.                  Afektif
5.       Siswa memiliki kepercayaan diri untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk guru.
III.                Psikomotor
6.       Siswa mampu membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 2)
Tujuan Pembelajaran
I.                    Kognitif
A.      Produk
1.       Setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menentukan informasi tertentu dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”.
2.       Setelah kegiatan pembelajaran, siswa mampu menggunakan adjectif possessif ke dalam kalimat.
B.      Proses
3.       Setelah mendapat arahan dari guru, siswa mampu menafsirkan makna kata di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”.
4.       Setelah membaca teks, siswa mampu mengisi kolom kosong pada pohon keluarga berdasarkan wacana yang tersedia.
II.                  Afektif
5.       Siswa memiliki kepercayaan diri untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk guru.
III.                Psikomotor
6.       Siswa mampu membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”.

Materi Pelajaran
Adjectif Possessif
Sujet
Masculin (singulier)
Feminin (singulier)
Masculin/feminin pluriel
Je (ku)
Mon
Ma
Mes
Tu (mu)
Ton
Ta
Tes
Il/elle (nya)
Son
Sa
Ses
Nous (kami)
Notre
Nos
Vous (anda)
Votre
Vos
Ils/elles (mereka)
Leur
Leurs

-        Le texte
Il s’appelle Nicholas. Il est professeur. Sa sœur est chanteuse. Elle s’appelle Samantha. Leurs parents s’appellent Patrick et Caroline. Nicholas a une femme, elle s’appelle Monica. Ils ont deux enfants, Jean et Pauline. Samantha a un mari, il s’appelle Paul. Ils ont une fille. Leur enfant s’appelle Laurent.

Alat dan Media
Alat: Laptop, proyektor, papan tulis, spidol.
Media: Kertas fotokopi dan power point.

Model Pembelajaran
Model Pembelajaran: Cooperative Learning
Pendekatan: Komunikatif

Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Kegiatan Awal (5 menit)
-          Memberi salam
-          Mengulas tentang materi pertemuan kemarin
-          Menyampaikan apa yang akan dipelajari hari ini
-          Menanyakan kata ganti kepunyaan yang siswa ketahui dalam bahasa Indonesia
-          Menjelaskan gambaran umum tentang adjectif possessif dalam bahasa Perancis
-       Menjawab
-       Menyimak

-       Menyimak

-       Menjawab


-       Menyimak
Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
-       Memberikan teks tentang “La Vie Familliale”
-       Membaca keseluruhan teks.
-       Meminta beberapa siswa membaca teks.
-       Membaca teks perkalimat dan meminta siswa menirukan serta mencoba menafsirkan makna kalimat.
-       Menanyakan apa saja kosakata baru yang didapat.
-       Meminta siswa mengartikan kosakata baru.
Elaborasi
-          Menjelaskan tentang adjectif possessif.
-          Guru memberi soal dan meminta siswa mengerjakannya.
Konfirmasi
-          Mengkoreksi pekerjaan siswa secara bersama-sama
-          Memberi kesempatan siswa untuk bicara.

-          Menerima teks.

-          Menyimak

-          Membaca nyaring

-          Menirukan


-          Menyebutkan kosakata baru yang didapat dari teks.
-          Mengartikan


-          Menyimak

-          Mengerjakan soal


-          Mengkoreksi

-          Bertanya (jika ada)

Kegiatan Penutup (10 menit)
-          Memberi kesimpulan tentang meteri pertemuan kali ini.
-          Memberi pekerjaan rumah pada siswa.
-          Menyimak

-          Menerima tugas

Sumber Pembelajaran
Bonjour Chers Amis

Evaluasi
I.                   Le texte
Il s’appelle Nicholas. Il est professeur. Sa sœur est chanteuse. Elle s’appelle Samantha. Leurs parents s’appellent Patrick et Caroline. Nicholas a une femme, elle s’appelle Monica. Ils ont deux enfants, Jean et Pauline. Samantha a un mari, il s’appelle Paul. Ils ont une fille. Leur enfant s’appelle Laurent.
Description: Graphic2d.jpg

II.                Complétez ! ( Lengkapilah)
a)      Modèle : C’est mon bureau (m).                               je
          (Ini kantorku.)
1.      C’est _______________ père (m.s)                     je
2.      Ce sont _____________ grands-parents (m.p).   ils/elles
3.      C’est _______________ soeur (f.s).                    vous
4.      Ce sont _____________ amies (f.p).                   nous
5.      C’est _______________ livre (m.s).                    tu
6.      Ce sont _____________ stylos (m.p).                  vous
7.      C’est _______________ table (f.s).                     tu
8.      Ce sont_____ ________ photos (f.p).                  il
9.      C’est _______________ hotel (f).                       il
10.  Ce sont _____________ tables (f.p).                   ils/elles

b)      Modéle : C’est ton père ? Oui, c’est mon père
Ini ayahmu ? ya, ini ayahku.
1.      C’est la mère de Thomas? Oui, ................................................
2.      C’est la cousine de Marie ? Oui, ..............................................
3.      C’est la photo de Céline ? Oui, ................................................
4.      Ce sont les livres de Pierre ? Oui, ...........................................
5.      Ce sont les stylos de Paul ? Oui, ............................................
6.      Ce sont les enfants de M. Dubois? Oui, ................................
7.      C’est le frère de M. Ledoux ? Oui, ........................................
8.      C’est l’appartement de Sheila ? Oui, .....................................
9.      C’est vos amis ? Oui, ....................................................
10.  C’est votre classe ? Oui, .................................................




Kunci Jawaban
Description: ffff.jpg
I.                                                          A. Complétez ! ( Lengkapilah)
1.      C’est ______mon_____ père (m.s)                       je
2.      Ce sont _____leur____ grand-père (m.s).             ils/ells
3.      C’est _____votre______ sœur (f.s).                     vous
4.      Ce sont _____nos_____ amies (f.p).                    nous
5.      C’est _______ton_____ livre (m.s).                     tu
6.      Ce sont _____vos_____ stylos (m.p).                   vous
7.      C’est _______ta______ table (f.s).                      tu
8.      Ce sont______ses_____ photos (f.p).                  il
9.      C’est _______son_____ hôtel (f,s).                      il
10.  Ce sont ______leurs_____ tables (f.p).                ils/elles

II.                                                          B.  Complétez ! ( Lengkapilah)
1.      C’est la mère de Thomas? Oui, c’est sa mère
2.      C’est la cousine de Marie ? Oui, c’est sa cousine
3.      C’est la photo de Céline ? Oui, c’est sa photo
4.      Ce sont les livres de Pierre et Patrick ? Oui, ce sont leurs livres
5.      C’est la classe de Paul et Zoé ? Oui, c’est leur classe
6.      Ce sont les enfants de M. Dubois? Oui, ce sont ses enfants
7.      C’est le frère de M. Ledoux ? Oui, c’est son frère
8.      C’est l’appartement de Sheila ? Oui, c’est son appartement
9.      C’est vos amis ? Oui, c’est nos amis
10.   C’est votre classe ? Oui, c’est notre classe

Kisi-Kisi Evauasi
Aspek
Indikator
Bentuk Soal
No. Soal
Skor
Kognitif produk
Siswa mampu menentukan informasi tertentu dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
Lisan
Saat KBM Berlangsung


Siswa mampu menggunakan adjectif possessif ke dalam kalimat.
Tertulis
1-10
1-10

Kognitif proses
Siswa mampu menafsirkan makna kata di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1)
Lisan
Saat KBM Belangsung


Siswa mampu mengisi kolom kosong pada pohon keluarga berdasarkan wacana yang tersedia. (KD 1)
Tertulis
1

Afektif
Siswa memiliki kepercayaan diri untuk menjawab pertanyaan tanpa ditunjuk guru.
Observasi
Lembar Kemampuan Penilaian Afektif

Pssikomotor
Siswa mampu membaca nyaring kata, frasa dan kalimat di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 2)
Lisan
Saat KBM Berlangsung



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KATA-KATA JRX SID

Kali ini Prima akan mengutip kata demi kata yang pernah dipermainkan oleh sang penggebuk drum di band perompak, Superman Is Dead. Kata-kata JRX SID Buat yg suka mlesetin 'ormas' dgn 'omas'. Sumpah joke kalian ga lucu. Dibayar pun ga akan ada yg ketawa. Adu petarung terbaik yg dimiliki rakyat dgn petarung terbaik milik ormas. Pakai cara purba ketika berurusan dgn manusia purba. Banyak yg setuju: duel adalah cara efektif mengusir ormas dari RI. Saya juga yakin, ormas akan menolak cara itu dgn sejuta alasan. Susah debat sama ormas. Mending ajak duel satu-satu, yang kalah keluar dari Indonesia. Cuma itu bahasa yg mereka mengerti. Kalian yg koar2 menuduh SID menjual fashion ketimbang musik, saya tanya balik, CD SID kalian apakah original? Band bukan parpol. Kalau parpol senang kaos nya di dibajak, band (yg ga berpikir spt parpol) akan kesal jika kaos nya dibajak. Baru saja mengalami pengalaman yg cukup sinematik: mengendarai ombak di bawah hujan lebat. It was fuk

Menemui Arti

Seperti seekor hamster, aku berlari di atas roda putar. Meski rasanya lelah, nyatanya aku tidak berpindah tempat. Hanya menghabiskan waktu dan tenaga yang sia-sia. Semakin kencang aku berlari, semakin tak terarah apa yang kuingini. Di saat aku ingin berhenti, dunia sama sekali tak menunjukkan kabar baik. Hari-hariku terkesan biasa saja. Tidak hujan, tidak cerah. Biasa saja. Terlalu biasa. Tanpa sisa. Seketika aku sedang menepi tanpa mencari, kau datang tanpa permisi. Kehadiranmu sungguh terasa pas walaupun bukan itu yang aku cari saat ini. Apakah mungkin justru ketidaksengajaan inilah yang membuat jalan kita begitu serasi?