2014/09/22

Perancis Menengah Atas

Minggu, 21 September 2014 menjadi hari yang istimewa bagi seluruh pembelajar bahasa Perancis di Semarang. Pasalnya, murid-murid SMAN 2 Semarang yang bergabung dalam Bonjour Chers Amis (BCA), sebuah ekstrakulikuler bahasa Perancis, menyelenggarakan acara bertajuk La Petite Partie de France.
La Petite Partie de France ini bertujuan untuk mengenalkan budaya-budaya Perancis kepada seluruh pembelajar dan pecintanya. Kuliner menjadi salah satu pilihan dalam mengisi acara tersebut. Tersedia banyak stan makanan khas Perancis yang dapat dinikmati pengunjung hanya dengan merogoh Rp 15.000,- saja.
La Tour Eiffel yang menjadi salah satu bagian dari keajaiban dunia tak ragu berdiri kokoh di tengah area aula SMAN 2 Semarang. Salah satu ikon negeri romantis itu menjadi tokoh utama dekorasi acara ini.
Untuk memotivasi siswa dalam belajar bahasa Perancis, panitia mengadakan lomba bahasa Perancis tingkat SMA sederajat sekota Semarang. Lomba yang terdiri atas lomba membaca nyaring, membaca dongeng dan membuat maket ikon Perancis ini mampu menyedot perhatian berbagai kalangan. “Ini adalah pertama kalinya siswa SMA mengadakan lomba bahasa Perancis.” Kata salah seorang guru bahasa Perancis di Semarang.
“Inovasi yang membuat saya iri.” Lanjutnya.
Tidak cukup dengan lomba-lomba dan kuliner saja, dalam acara ini juga ada beberapa penampilan yang mengusung tentang segala sesuatu yang ke-Perancis-an. Oh Là Là, band mahasiswa bahasa Perancis Universitas Negeri Semarang (Unnes), menjadi salah satu pengisi acaranya. Band yang digawangi Intan (vokal), Sam (gitar), Subkhan (gitar), Ryan (Bass) dan Faisal (drum) kali ini menyajikan penampilan akustiknya. Tak mau kalah, dua murid Smanda (SMAN 2 Semarang) juga mencoba unjuk kebolehan mereka dalam menyanyikan lagu berbahasa Perancis.
Satu lagi yang membuat mata terbuka lebar adalah ketika mengikuti acara konsultasi studi di Perancis oleh IFI (Institute Française Indonesie). Agenda ini sangat berguna bagi yang ingin melanjutkan studi di negeri para filsuf itu.
Di akhir acara, ada pengumuman-pengumuman lomba yang pialanya diserahkan langsung oleh Mme. Yanis selaku guru bahasa Perancis SMAN 2 Semarang dan pembina BCA.

La Petite Partie de France yang menjadi pionir semoga bisa menjadi ajang unjuk kebolehan bagi SMA lain untuk melakukan hal yang sama. Baik siswa SMA maupun mahasiswa yang sama belajar bahasa Perancis punya ikatan kuat untuk melakukan hal macam itu. Bahasa kita tak akan pernah mati.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 PRIMAJINASI | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille