2014/01/07

Akoe Menoelis

Menulis adalah salah satu kegemaranku. Aku suka menulis karena ada banyak hal bisa kuungkapkan dari tulisan. Dengan menulis aku bisa mengutarakan isi hati tanpa harus bicara sebelumnya. Hanya berpikir dan jari-jari tangan akan bergerak sendiri menyentuh keyboard komputer. Menulis bisa membuatku merasa lega dengan apa yang aku alami. Sedih, senang, jengkel, semua bisa aku tulis di tulisanku.
Banyak temanku tidak menyangka bahwa aku suka menulis. Dilihat dari tampang mungkin. Memang aku bukan penulis handal, aku hanya penulis abal yang suka mencurahkan pikiran ke dalam bentuk tulisan.
Dulu sewaktu kelas 4 SD, aku mulai belajar menulis. Bukan belajar menulis huruf “a b c d e f”, melainkan menulis puisi. Waktu itu aku dibelikan buku diary sebagai kado ulang tahun dari ibuku. Aku belum tahu akan diapakan buku ini. Aku hanya berpikir bahwa buku diary adalah buku untuk menulis apa yang aku alami sehari-hari. Ah seperti di tv saja!
Aku tidak pernah menulis pengalaman di buku itu. Sebaliknya, aku menulis tentang alam. Berawal dari aku melihat langit cerah di siang hari, kumulai menuliskan apa yang kupikirkan. Tentang awan dan matahari yang terlihat serasi namun diam-diam saling menyakiti. Bagaimana tidak? Awan akan berusaha menunjukkan kekuatannya dengan menutupi matahari. Sekilas mereka memang tampak bersahabat. Mungkin awan menutupi matahari agar matahari tidak terlalu terlihat lelah oleh para makhluk bumi.
Sejak itu aku gemar menulis puisi. Belum seberapa, itu hanya puisi kekanak-kanakan dari seorang anak kelas 4. Setelah menulis puisi, aku mencoba menulis pengalaman sehari-hari. Buku bersampul Hello Kitty itu tidak butuh waktu lama agar lembar demi lembarnya tercoret pena. Hanya memakan waktu 5 bulan, buku itu penuh sudah. Tidak menyangka, ternyata diam-diam aku merasa berbakat di bidang tulis-menulis.
Kegemaran ini aku lanjutkan sampai sekarang. Aku menyimpan segala bentuk tulisanku di laptop kesayangan. Aku juga membuat blog pribadi untuk menyalurkan tulisan-tulisanku agar bisa dibaca khalayak ramai. Semoga dengan berawal dari sini, aku bisa menjadi penulis handal seperti Chairil Anwar, Hamka, Pramoedya Ananta Toer, dan para pujangga yang telah mendahului kita. Ingin kuikuti jejak mereka dengan gaya tulisanku sendiri. Karena setiap penulis punya gaya menulis masing-masing, dan penulis bisa merubah dunia dengan tulisan.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 PRIMAJINASI | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille