Skip to main content

Tentang Cinta

Cinta adalah sebuah kata yang mampu mewakili segalanya. Cinta bisa menumbuhkan segala rasa lainnya. Berawal dari cinta, kata tidak mungkin menjadi mungkin.
Ada banyak lahan untuk ditanami cinta. Otak manusia berfikir rasional, hati manusia berfikir dengan mengedepankan perasaan. Cinta bisa tumbuh di kedua lahan itu.
Entah bagaimana rasa cinta bisa tumbuh? Mungkin cinta tumbuh bersemayam dalam waktu. Atau cinta tumbuh di antara ingatan yang tak ingin melepaskan diri dari manisnya kenyataan. Lalu bagaimana dengan cinta yang berawal dari benci? Terdengar mustahil, tapi banyak yang membuktikan kekuatan itu. Ya, cinta mengalahkan benci. Tepatnya, cinta tumbuh setelah ada rasa benci.
Naluri seorang wanita berbeda dengan pria. Pada dasarnya, wanita adalah yang dicintai dan pria adalah yang mencintai. Perbedaannya hanya terletak pada fungsi mereka sebagai objek dan subjek. Bagaimana dengan wanita yang mencintai? Lalu bagaimana pula dengan pria yang ingin dicintai? Terkadang ada seseorang yang mencintai seseorang tapi ia tidak berani mengungkapkannya. Bagaimana dengan orang macam itu?
Ah, terlalu banyak kalimat yang mengungkapkan tentang betapa membingungkannya si cinta. Sayangnya, kalimat-kalimat itu tak ada yang mampu menjelaskan dengan terang apa itu cinta. Apa itu cinta hanya bisa dijawab oleh orang yang mempunyainya. Dan ketika orang itu ragu apakah yang ia punya adalah cinta atau bukan, orang itu tidak selayaknya mendapatkan rasa cinta. Cinta tidak untuk orang yang hanya bermain-main. Cinta untuk orang yang memiliki cinta.
Pertanyaannya adalah, apa itu cinta? Bagaimana itu cinta? Apa yang membuat cinta bisa merubah seseorang, bahkan sekelompok orang? Siapa cinta sebenarnya? Tuhan?
Cinta adalah pengorbanan, katanya.
Cinta adalah perasaan di antara dua orang yang saling menyayangi.
Cinta adalah rasa rindu dan sayang yang bercampur menjadi satu.
Cinta adalah rahasia Tuhan.
Cinta adalah benci yang tertunda.
Cinta adalah suka yang tumbuh menjadi kagum. Lalu kagum tumbuh lagi menjadi rindu. Ketika suka, kagum dan rindu menjadi satu, itulah yang dinamakan cinta.
Dan masih banyak lagi deskripsi cinta oleh para penikmatnya. Bagaimana denganmu? Apakah kau pernah berkenalan dengan cinta? Apakah cinta itu indah? Apakah cinta memang seindah kata para pujangga? Atau justru sebaliknya? Cinta adalah monster yang akan memakan manusia. Monster yang berwujud malaikat. Datang dengan kebaikan dan akhirnya menusuk penikmatnya dari tempat yang tak pernah terduga. Apakah cinta punya sisi buruk? Ayo jawab!
Hai... Hari ini aku menceritakan cinta entah pada siapa. Saat ini aku sedang mengeluhkan tentang cinta tanpa ada yang mendengar. Dan ketika aku bicara soal cinta, apakah itu pertanda aku mulai mengenalnya? Apakah aku sudah mengenal sosok tak berwujud yang kerap disapa cinta itu? Mungkin aku sudah mengenalnya. Hanya saha dia yang tidak pernah mengenalku. Mungkin ia tidak tahu aku ini ada. Atau ia memang tak ingin tahu keberadaanku.
Aku manusia biasa. Aku punya hati. Aku punya akal dan pikiran. Aku seperti kawan-kawanku yang lain. Aku sama dengan mereka. Aku punya kelemahan juga kelebihan. Walaupun aku tak tahu kelebihanku apa, yang pasti aku ingin menunjukkan bahwa aku memang patut untuk dipuji.
Aku mempunyai apa yang manusia biasa punya pada umumnya. Hati, akal, pikiran, aku punya itu. Yang membedakan aku dengan yang lain adalah...
C.I.N.T.A
Aku belum mengenal apa itu cinta. Aku tak tahu apakah cinta pernah bertamu di hatiku atau tidak. Dan aku lupa bagaimana awal pertama aku mendengar kata cinta. Begitu mudah alu melupakan cinta. Mungkin itu yang membuat cinta tak mau lagi mengunjungiku. Maaf.
Untuk hatiku, maaf aku tidak pernah menyiramimu dengan cinta. Ku lihat kini engkau tandus. Bunga-bunga yang dulu tumbuh subur kini layu. Rerumputan yang biasanya berselimut angin sepoi-sepoi sepertinya sudah tiada. Kasihan sekali kau hati. Kau jatuh pada tangan yang tidak tepat.
Untuk akal dan pikiranku, aku juga minta maaf karena telah membuat kalian bekerja keras. Aku selalu menuntut kalian untuk berfikir maksimal. Padahal aku tahu, kalian mungkin lelah.
Untuk masa depanku, tunggu aku di sana. Ku titipkan kau pada Tuhan. Tuhan akan memelukmu. Dan ketika nanti aku merasa dekat dengan Tuhan, aku akan memeluk-Nya. Juga engkau.
Terakhir untuk masa laluku. Terima kasih telah hadir. Kau memberi warna di hidupku. Kau memberi banyak warna dan rasa di ingatanku. Sayang sekali, kita tak bisa bertahan. Lalu, muncul pertanyaan. Bagaimana jika engkau pula yang akan menjadi masa depanku? Apa kau mau? Tidak usah repot-repot menjawab. Aku sudah tahu yang kau pikirkan.
Catatan ini hanya sebatas lamunan seorang mahasiswa akhir yang sedang buntu dalam mengerjakan skripsinya. Semoga catatan singkat ini bisa menjadi warna di kemudian hari.
Semangat nykripsi!!*


*khusus untuk mahasiswa dua digit

Comments

Popular posts from this blog

KATA-KATA JRX SID

Kali ini Prima akan mengutip kata demi kata yang pernah dipermainkan oleh sang penggebuk drum di band perompak, Superman Is Dead. Kata-kata JRX SID Buat yg suka mlesetin 'ormas' dgn 'omas'. Sumpah joke kalian ga lucu. Dibayar pun ga akan ada yg ketawa. Adu petarung terbaik yg dimiliki rakyat dgn petarung terbaik milik ormas. Pakai cara purba ketika berurusan dgn manusia purba. Banyak yg setuju: duel adalah cara efektif mengusir ormas dari RI. Saya juga yakin, ormas akan menolak cara itu dgn sejuta alasan. Susah debat sama ormas. Mending ajak duel satu-satu, yang kalah keluar dari Indonesia. Cuma itu bahasa yg mereka mengerti. Kalian yg koar2 menuduh SID menjual fashion ketimbang musik, saya tanya balik, CD SID kalian apakah original? Band bukan parpol. Kalau parpol senang kaos nya di dibajak, band (yg ga berpikir spt parpol) akan kesal jika kaos nya dibajak. Baru saja mengalami pengalaman yg cukup sinematik: mengendarai ombak di bawah hujan lebat. It was fuk

RPP Bahasa Perancis (KTSP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan          : SMA Mata Pelajaran               : Bahasa Perancis Kelas/Semester              : XI/1 Keterampilan                  : Membaca Alokasi Waktu               : 1x45 menit STANDAR KOMPETENSI Membaca Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang “La Vie Familliale”. Kompetensi Dasar Membaca 1.        Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat. 2.        Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tulis sederhana secara tepat. Indokator I.                     Kognitif A.       Produk 1.        Siswa mampu menentukan informasi tertentu dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1) 2.        Siswa mampu menggunakan adjectif possessif ke dalam kalimat. B.       Proses 3.        Siswa mampu menafsirkan makna kata di dalam teks yang bertema “La Vie Familliale”. (KD 1) 4.        Siswa mampu

Menemui Arti

Seperti seekor hamster, aku berlari di atas roda putar. Meski rasanya lelah, nyatanya aku tidak berpindah tempat. Hanya menghabiskan waktu dan tenaga yang sia-sia. Semakin kencang aku berlari, semakin tak terarah apa yang kuingini. Di saat aku ingin berhenti, dunia sama sekali tak menunjukkan kabar baik. Hari-hariku terkesan biasa saja. Tidak hujan, tidak cerah. Biasa saja. Terlalu biasa. Tanpa sisa. Seketika aku sedang menepi tanpa mencari, kau datang tanpa permisi. Kehadiranmu sungguh terasa pas walaupun bukan itu yang aku cari saat ini. Apakah mungkin justru ketidaksengajaan inilah yang membuat jalan kita begitu serasi?