2014/07/30

Kota Ukir di Hari Lebaran

Lebaran, hari ini tepat 28 Juli 2014 semua rakyat muslim di Indonesia merayakan hari kemenangan, Idul Fitri. Momen ketika sanak saudara berkumpul, saling meminta maaf, berbagi rejeki dan sebagainya. Sungguh, hari yang dipenuhi dengan senyum dan tawa.
Lebaran bagi orang Indonesia selalu identik dengan baju baru. Entah tradisi itu muncul dari kapan, tapi sampai sekarang banyak yang selalu memenuhi hal itu. Setiap menjelang lebaran, toko-toko pakaian selalu ramai dikunjungi. Bahkan tak sedikit toko yang mengumbar diskon besar-besaran.
Berbagai kalangan keluarga ikut memeriahkan pesta diskon di toko-toko itu. Tak sedikit yang memboyong berkantung-kantung baju baru untuk dipakai saat lebaran atau diberikan kepada saudara mereka.
Lebaran adalah surga bagi anak kecil. Setiap kali datangnya hari istimewa ini, para anak kecil selalu dibelikan baju baru oleh orang tua dan sanak saudara mereka. Selain itu, mereka juga akan diberi “amplop” dari orang dekatnya. Bahkan penghasilan mereka ketika lebaran bisa menandingi penghasilan orang tua mereka. Wow!
Ada satu lagi yang khas ketika hari lebaran tiba. Ketupat. Masakan berbungkus daun kelapa muda ini selalu menggoda di setiap penyajiannya.
Berbeda dengan kota lain, Jepara menyajikan adat yang berbeda setiap hari kemenangan tiba. Tepat pada idul fitri dirayakan, warga Jepara tidak ada yang memasak ketupat. Masakannya hanya berupa opor ayam atau yang lainnya.
Pada tradisi di Jepara, ketupat akan disajikan ketika H+7 lebaran. Hari itu disebut juga Bada Kupat atau Lebaran Ketupat.
Ketika pelaksanaan lebaran ketupat, warga Jepara akan berbondong-bondong bertamasya di tempat wisata. Berhubung di Jepara banyak pantai, mereka akan pergi ke pantai bersama keluarga tercinta. Jalan-jalan di Jepara akan penuh sesak oleh rombongan-rombongan keluarga yang hendak berliburan.
Selain menjadi ajang berkumpul bersama keluarga, tidak sedikit pula muda-mudi yang mengisi lebaran ketupat bersama kawan-kawannya. Memang, momen ini menjadikan alasan untuk sebuah kebersamaan sekali setahun di kota ukir ini.
Sesampainya di pantai, tidak hanya menikmati alam Jepara, pengunjung juga biasanya akan disuguhi hiburan. Pertunjukan band dan orkes menjadi menu utama sajian hiburan itu.
Beginilah lebaran di kotaku. Lebaran memang menyenangkan, tapi tidak akan menyenangkan lagi bila tingkah akan mengotori ucapan maaf yang telah diucapkan.

Selamat lebaran, mohon maaf lahir dan batin.

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2010 PRIMAJINASI | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille