2015/01/09

The Swift

Siapa tak kenal wanita muda dari Pennsylvania, Amerika yang lahir tepat pada 13 Desember 1989 ini, Taylor Swift. Wanita muda yang berprofesi sebagai penyanyi, penulias lagu, musisi, produser rekaman dan artis ini mulai mengawali karirnya di tahun 2006 dengan merilis singel debut “Tim McGraw”, disusul album debutnya yang kemudian disertifikasi multi-platinum oleh Recording Industry Association of America.

Taylor Swift adalah putri dari Andrea Gardner dan Scott Kingsley Swift. Ia mempunyai seorang adik laki-laki bernama Austin.

Ketika ia duduk di kelas 4, ia memenangkan sebuah konter puisi nasional dengan puisinya yang berjudul “Monster in My Closet”. Di usia 10 tahun, seseorang menunjukkannya cara memainkan akor gitar. Hal itu memicunya untuk belajar instrumen tersebut.

Taylor Swift kemudian menulis lagu pertamanya, “Lucky You”. Saat ia berumur 12 tahun, ia menggunakan waktu liburan musim panasnya untuk menulis sebuah novel sepanjang 350 halaman yang tak pernah diterbitkan.

Di masa kecil, ia adalah seorang korban bullying dan ia menggunakan lagu untuk mencurahkan perasaannya. Ia juga mulai tampil di kontes karaoke dan festival-festival lokal.

Saat ia berumur 14 tahun, keluarganya pindah ke Nashville, Tennessee. Penampilan besar perdananya adalah sebuah pertunjukan di Bloomsburg Fair. Di Tennessee, ia bersekolah di Hendersonville High School, namun kemidian ia beralih ke homeschooling saat SMA. Pada tahun 2008, ia berhasil mendapatkan ijazah SMA-nya.

Pengaruh terbesar Taylor Swift dalam bidang musik adalah Shania Twain, LeAnn Rimes, Tina Turner, Dolly Parton dan neneknya sendiri, Marjorie Finlay yang juga adalah seorang penyanyi opera. Meskipun neneknya adalah seorang penyanyi opera, selera musik Taylot Swift selalu lebih condong ke country.

Album pertamanya berhasil ia luncurkan pada tahun 2006, berjudul “Taylor Swift”. Setelah Januari 2010, album Taylor Swift telah terjual sebanyak 4,6 juta kopi dan 9 juta dowanload singel.  Berikut adalah lagu-lagu di album pertamanya:

·         Tim McGraw
·         Picture to Burn
·         Teardrops on My Guitar
·         A Place in This World
·         Cold As You
·         The Outside
·         Tied Together With A Smile
·         Stay Beautiful
·         Should’ve Said No
·         Mary’s Song (Oh My My My)
·         Our Song

Album keduanya berjudul “Fearless” meluncur tahun 2008 tepat pada bulan November. Pada awal pembukaannya, album tersebut terjual sebanyak 592.300 kopi. Hal itu merupakan jumlah terbanyak untuk seluruh artis wanita tahun 2008. Hanya dalam kurun waktu 2 bulan, album tersebut berhasil terjual 2,2 juta kopi.

Album Fearless ini berhasil mendapatkan predikat Album of The Year untuk Grammy Awards, Country Music Association Awards, Academy of Country Music Awards dan American Music Awards pada tahun yang sama, sekaligus menjadi album yang paling dihargai dalam sejarah musik country. Album ini juga membuat si penciptanya, Taylor Swift, menjadi artis termuda yang pernah memenangkan Album of The Year pada ajang bergengsi itu.

Pada tahun yang sama juga, ia berhasil merebut julukan Entertainer of The Year pada Country Music Association Awards dan Artist of The Year pada American Music Awards. Hal itu membuatnya menjadi artis termuda yang pernah mendapatkan penghargaan tertinggi pada kedua ajang awards berbengsi tersebut.

Berikut adalah lagu-lagu yang terdapat dalam album kedua Taylor Swift, “Fearless”:

  Love Story
·         White Horse
·         Change
·         You’re Not Sorry
·         You Belong With Me
·         Fifteen
·         Fearless
·         Breathe (feat. Colbie Caillat)

Pada tahun 2010, Taylor Swift melakukan debut pertamanya dalam dunia acting dalam film “Valentine’s Day” sekaligus menyanyikan soundtrack utamanya yang berjudul “Today Was a Fairytale”.

Ia merilis album ketiganya yang bertitel “Speak Now” pada 25 Oktober 2010. Sejak dirilisnya album tersebut, para kritikus musik memberikan respon positif untuk album ini. Melengkapi respo positif tersebut, album ini sukses menembus angka 1.047.000 kopi di minggu pertamanya. Hebatnya lagi, di album ini hanya Taylot Swift sendirilah yang menulisnya, tanpa bantuan co-writer satupun. Hal ini tentu sangat langka terjadi dalam dunia musik.

Daftar lagu album “Speak Now”:

·         Mine
·         Sparks Fly
·         Back ti December
·         Dear John
·         Mean
·         The Story of Us
·         Never Grow Up
·         Enchanted
·         Better than Revenge
·         Innocent
·         Speak Now
·         Haunted
·         Last Kiss
·         Long Live

Taylor Swift merilis album terbarunya pada bulan Oktober 2012 yang berjudul “Red”. Reaksi untuk album ini sangatlah heboh. Dengan mudahnya, album ini berhasil terjual 1.208.000 kopi dalam minggu pertamanya saja. Album ini terjual habis di situs iTunes dan Amazon dalam waktu kurang dari 30 menit.

Daftar singel album “Red”:

·         We Are Never Ever Getting Back Together
·         Begin Again
·         Red
·         I Knew You Were Trouble
·         State of Grace
·         Holy Ground
·         Stay Stay Stay
·         22
·         Treacherous
·         All Too Well
·         I Almost Do
·         The Last Time
·         Sad Beautiful Tragic
·         The Lucky One
·         Everything Has Changed
·         Starlight

Menutup tahun 2014, Taylor Swift kembali merilis album terbarunya yang bertitel “1989” tepat pada Senin, 27 Oktober 2014. Pada album ini ia menceritakan hubungannya dengan Harry Styles, salah satu personil One Direction.

Album ini adalah album genre pop pertamanya. Kabarnya, ia resmi mulai meninggalkan musik country yang telah membesarkan namanya. Ia beralih ke genre musik pop retro yang terkenal pada tahun 80-an, seperti nama albumnya.

Daftar singel album “1989”:

·         Welcome To New York
·         Blank Space
·         Style
·         Out of The Wood
·         All You Had To Do Was Stay
·         Shake It Off
·         I Wish You Would
·         Bad Blood
·         Wildest Dream
·         How You Get The Girl
·         This Love
·         I Know Places
·         Clean

Selain jago bermusik, wanita berumur 25 tahun ini juga jago dalam dunia acting. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ia muncul dalam film “Valentine’s Day”, tahun 2014 kemarin ia juga membintangi film yang berjudul “The Giver” sebagai Rosemary.

Taylor Swift, seorang musisi berbakat yang mampu menyihir semua orang dengan kemampuannya. Semoga di tahun-tahun mendatang, sinarmu lebih terang dari ini. Tetap berkarya kakak ^^


1 komentar:

Anonymous said...

Like this!

Post a Comment

 
Copyright © 2010 PRIMAJINASI | Design : Noyod.Com | Images : Red_Priest_Usada, flashouille